SENI

Posted: Juli 5, 2010 in SENI BUDAYA

OLEH PENGET MUNAWAR,SPd.Mus

A. PENGERTIAN SENI
Kata seni berasl dari Bahasa Sansekerta yaitu”Sani” yang berarti pemujaan, persembahan, pelayanan. Kata sani biasanya digunakan dalam upacara-upacara keagamaan. Dengan perubahan dan perkembangan kata sani berubah menjadi “kesenian”.
Dalam perkembangannya definisi seni berkembang berkembang menurut perkembangan zaman seperti pendapat dari beberapa tokoh ahli antara lain :
1. Ki Hajar Dewantara
Seni adalah perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaan dan bersifat indah hingga dapat menggetarkan jiwa perasaan manusia.
2. Ensiklopedia Indonesia
Seni adalah penciptaan segala hal atau benda yang karena keindahan orang senang melihatnya atau mendengarkannya.
3. Drs. Sudarmadji
Seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media garis, bidang, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.
4. Akhdiat Karta Miharja
Seni adalah kegiatn rohani manusia yang merefleksikan kenyataan dalam suatu karya yang berkat bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani si penerima.
5. Prof. Drs. Suwaji Bustomi
Seni adalah sktifitas batin dengan pengalaman estetis yang dinyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa takjub dan haru.
6. Everyman Encyklopedia
Seni adalah segala sesuatu yang dilakukan bukan atas dorongan kebutuhgan pokoknya, melainkan apa saja yang dilakukan semata-mata karena kehendak akan kemewahan, kenikmatan, atau kebutuhan spiritual.
Dari pendapat di atas dapat ditarik kesimpulan bahawa seni merupakan bentuk aktivitas manusia yang diwujudkan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan bagi yang penikmaynya. Batasan secara umum seni adalah segala macam keindahan yang diciptakan oleh manusia.
B. CABANG-CABANG SENI
Diungkapkan masyarakat proses penciptaan seni dapat digolongkan menjadi lima cabang seni, yaitu :
1. Seni Rupa
Seni rupa merupakan salah satu cabang seni yang umum disebut dengan seni visual. Hal ini disebabkan karena bentuk karyanya dalam seni rupa berwujud bentuk gambar dan goresan yang dinikmati secara langsung melalui indera penglihatan.
2. Seni Musik
Istilah musik berasal dari Bahasa Yunani mousikos. Kata ini diambil dari nama salah satu dewa orang Yunani yang bernama Mousikos yang dilambangkan sebagai dewa keindahan dan menguasai bidang kesenian dan ilmu pengetahuan.Musik dapat diartikan sebagai bentuk ungkapan perasaan yang dituangkan dalam bentuk bunyi-bunyian. Ungkapan yang dikeluarkan melalui suara manusia disebut vocal, sedangkan ungkapan yang dikeluarkan melalui alat musik disebut instrumental, berdasarkan jenisnya musik dibagi menjadi dua yaitu musik tradisional dan musik modern.
3. Seni Tari
Seni tari adalah bentuk karya seni yang dihasilkan dari gerak, mimik, dan tingkah laku seseorang. Agar gerakannya menarik dan enak dipandang umumnya tarian diiringi musik.

4. Seni Sastra
Kata Kesusastraan berasal dari Bahasa Sansekerta yaitu susastra. Seni berarti baik dan sastra berarti buku. Jadi, kesusastraan adalah tuliasn yang mempunyai bahasa yang indah dan baik.
5. Seni Drama
Drama berasal dari Bahasa Yunani yaitu dramas yang berarti suatu perbuatan atau kumpulan pertunjukkan perikehidupan seseorang. Drama adalah seni pertunjukkan yang menyajikan perikehidupan manusia di atas pentas.

Komentar
  1. kb umikultsum mengatakan:

    mohon terbitkan lagu pendidikan untuk anak !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s