ARRANSENEN

Posted: Juli 5, 2010 in SENI BUDAYA

OLEH PENGET MUNAWAR,SPd.Mus

A. ARRANSEMEN
Unsur dalam musik adalah bunyi. Musik adalah ungkapan perasaan yang dituangkan dalam bentuk bunyi-bunyian. Bunyi atau musik yang ditata baik secara indah disebut arransemen. Untuk membuat arransemen musik yang baik kita melalui tahapan-tahapan antara lain merangkai melodi ataupun membuat hiasan melodi lagu yang baik dan benar walaupun pada tahapan yang paling sederhana.
B. PENGERTIAN ARRANSEMEN
Arransemen adalah gubahan lagu untuk orkes atau kelompok paduan musi, baik secara vocal maupun instrumental. Penataan musik atau pengerjaannya menyangkut pencapaian nilai artistik yang dikandungnya. Arransemen sering disingkat Arr. Arransemen yang baik perlu latihan dan ketekunan yang terus-menerus. Seorang arranger harus mengerti benar tantang melodi serta karakternya, harmoni beserta ilmunya yaitu tentang keselarasan paduan bunyi.
Beberapa hal yang harus diperhatikan didalam membuat arransemen.
1. Sebuah nyanyian terdiri dari lagu dan syair. Jadi janganlah menitik beratkan lagu dengan melupakan syair. Isi syair harus menjadi titik pangkal bersama dengan lagu untuk menentukan gaya arransemen.
2. Perhatikan akor-akor yang melatar belakanginya, dengarkanlah suasana melodi, irama untuk menentukan jenis arransemen yang sesuai
3. Dalam menyusun arransemen vocal, yang penting adalah bunyinya. Suatu arransemen vokal tidak bisa dibunyikan dengan mencoba-coba pada alat musik misalnya organ atau piano. Satu-satunya cara untuk memeriksa hasil arransemen adalah dengan mencoba bersama-sama kelompok vocal yang baik.
4. Sebuah arransemen yang baik merupakan suatu perkembangan kreasi, jangan terlalu cepat “mencetak” atau membekukan arransemen sebelum sebuah arransemen benar-benar matang dan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh penyusunnya.
5. Seluruh teori harus mengabdi kepada praktek dan mengalami proses dan penyesuaian. Karena yang terpenting didalam arransemen selalu bagaimana bunyi yang dihasilkan dari arransemen tersebut, belum tentu arransemen dengan menggunakan unsure-unsur musik banyak dan rumit akan menghasilkan arransemen yang baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s