MEMBUAT PERENCANAAN PERGELARAN

Posted: Juli 4, 2010 in SENI BUDAYA

OLEH PENGET.M.

Perencanaan adalah suatu proses untuk menetapkan apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara mencapainya. Perencanaan merupakan suatu tahapan yang sangat penting di dalam menyelenggarakan suatu kegiatan seperti pergelaran musik yang diselenggarakan di lingkungan sekolah. Perencanaan merupakan langkah awal sebelum melakukan langkah – langkah berikutnya. Semua hal yang berkaitan dengan pergelaran dibahas dalam bentuk tertulis. Perencanaan yang dibuat secara tertulis disebut proposal. Pada tahap perencanaan mempunyai kegiatan antara lain menentukan tema, menentukan rencana kegiatan, menyusun program, dan menentukan tempat pergelaran.

1. Menentukan Tema Pergelaran
Tema adalah pokok pikiran atau suatu yang menjadi target yang akan dicapai. Tema sangatlah penting untuk menjadi patokan atau arah kegiatan pergelaran. Tema inilah yang menjadi misi atau target idealis yang akan dicapai. Dengan kata lain, bahwa tema adalah nafas suatu kegiatan. Penentuan tema biasanya dihubungkan dengan sutu jenis peristiwa monumental yang relevan dengan waktu pelaksaan kegiatan. Tema akan tampak lewat kegiatan yang dilakukan dalam pergelaran. Dalam pergelaran sendratari dan musik tema dapat dimunculkan dalam kisah yang dipertunjukkan.
Sebaiknya penyelenggaraan pergelaran dilaksanakan oleh siswa. Siswa diberikan kesempatan untuk berkreasi, sehingga siswa mempunyai pengalaman yang kelak akan bermanfaat untuk kehidupan. Guru sifatnya hanya memberikan bimbingan dan pengarahan tentang langkah kerja siswa.

2. Menentukan Rencana Kegiatan
Rencana kegiatan adalah tindakan yang akan kita lakukan yang dinyatakan secara tertulis. Rencana kegiatan – kegiatan menjadi unsur yang penting dalam membuat perencanaan pergelaran, sebab rencana kegiatan menentukan kegiatan yang akan dibuat.
Adapun rencana kegiatan pergelaran dapat disusun sebagai berikut :
1) Pergelaran menampilkan seluruh karya siswa.
2) Bentuk pergelaran dapat secara in door ( di dalam ruangan ) maupun open air ( luar ruangan ).
3) Tempat pergelaran adalah lingkungan sekolah. Misalnya menggunakan aula, ruang kelas, halaman sekolah, ataupun teras kelas.
4) Karya yang dipergelarkan bebas dalam penggunaan media ekspresinya.
5) Dana operasionalnya dibebankan kepada seluruh siswa dengan dikoordinasikan oleh OSIS di bawah bimbingan dan pengawasan guru.
6) Pergelaran dilaksanakan diakhir tahun ajaran.
7) Kepanitiaan melibatkan beberapa kelas satu sampai kelas tiga yang terpilih secara musyawarah berdasarkan kemampuannya.

3. Menyusun Program Kegiatan
Program kegiatan merupakan rencana kegiatan yang lebih terperinci atau detail. Misalnya apakah diadakan pada hari yang sama, macam acara apa saja yang akan dipertunjukkan pada kegiatan, dan apa saja yang dilakukan pada saat pembukaan atau penutupan kegiatan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan di dalam penyusunan program kegiatan pergelaran :
1) Waktu yang tepat
Waktu yang tepat untuk menyusun program kerja suatu pergelaran adalah pada awal dimulainya kegiatan.
2) Bahan penyusunan program kerja pergelaran harus mencerminkan aspirasi dan kebutuhan para anggotan penyelenggara. Langkah- langkah yang harus ditempuh dalam penyusunan bahan program kerja sebagai berikut :
a. Kumpulkan keinginan dan kebutuhan yang diusulkan aleh anggota panitia penyelenggara.
b. Adakan rapat pengurus dan panitia penyelenggara untuk membicarakan bahan – bahan yang telah dikumpulkan.
c. Sekretaris bidang menyusun rencana program kerja untuk angka waktu yang telah ditentukan dan disepakati bersama.
d. Setiap sekretaris bidang menjelaskan rancangan program kerja yang telah disusunnya dalam forum rapat.
e. Memberikan kesempatan kepada peserta rapat untuk menanggapi program kerja tersebut, agar memperoleh kesamaan pendapat.
f. Apabila rancangan program kerja masing- masing sekretaris bidang sudah dapat disetujui, maka program kerja pergelaran tersebut sudah merupakan program yang menampung aspirasi dan kebutuhan anggota panitia penyelenggara.
3) Sifat program kerja haruslah fleksibel, dalam arti dapat diterima oleh semua pihak sehingga pelaksaannya memperoleh dukungan penuh dari anggota panitia dan Pembina.

4. Tempat Pergelaran
Tempat pergelaran merupakan komponen yang sangta penting dalam kegiatan pergelaran. Lokasi kegiatan, letaknya ( di dalam ruang atau di luar ruangan), dan kapasitas orang yang dapat ditampung menentukan banyak sedikitnya, besar kecil, dan macam kegiatan yang dapat dilakukan serta waktu pelaksanaannya.
Tempat yang dapat dipergunakan untuk pergelaran antara lain :
1) Ruang kelas
2) Teras kelas
3) Ruang keterampilan
4) Halaman sekolah
Syarat Tempat Pergelaran
1. Aman, maksudnya adalah terhindar dari sengatan matahari dan air hujan.
Aman untuk pengunjung berarti kondisi bangunan atau lingkunan tempat pergelaran tidak membahayakan.
2. Nyaman, maksudnya dapat memberikan keleluasaaan bagi pengunjung untuk mengapresiasikan karya seni.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s