LANGKAH – LANGKAH MENGARANG LAGU

Posted: Juli 4, 2010 in SENI BUDAYA

oleh Penget M.SPd.Mus

B. LANGKAH – LANGKAH MENGARANG LAGU

Mengarang lagu tidak hanya sekedar menyusun nada – nada menjadi melodi kemudian memberinya syair dibawahnya. Seseorang mengarang lagu membutuhkan pengetahuan yang luas serta bakat yang kuat. Agar tujuan mengarang dapat tercapai dengan baik, maka di bawah ini terdapat beberapa langkah awal di dalam mengarang lagu, yaitu :

1. Memilih Tema Lagu
Tema adalah pokok pikiran, gagasan, atau ide dasar. Dalam musik tema dapat diambil dari kejadian sehari – hari, pengalaman hidup, cerita rakyat, kepahlawanan, cinta dan puji – pujian. Dari tema lagu kita dapat menyusun kalimat musik yang beraneka ragam, sehingga menimbulkan melodi yang bermacam – macam sifat, bentuk dan jenisnya.
Misalnya :
a. Tema kenangan masa lalu
b. Tema percintaan
c. Tema keindahan alam
d. Tema keagamaan
e. Tema karakter binatang
f. Tema imajinasi

2. Memilih bentuk komposisi
Komposisi adalah rangkaian nada – nada untuk membuat suatu symponi atau rangkaian unsur – unsur pokok dalam membuat sebuah lukisan yang baik. Dalam usaha membentuk suatu komposisi musik diperlukan beberapa proses tertentu diantaranya :
a. Menyusun nada – nada tertentu guna membentuk kalimat melodi.
b. Menyusun nada – nada serentak guna membentuk harmoni yang baik.
c. Menyusun prase – prase guna membentuk kalimat lagu.
d. Menyusun gerakan music yang sesuai dengan bentuk komposisi tertentu.

Berbagai bentuk komposisi dapat dipilih dalam usaha mengarang lagu. Keuntungan memilih salah satu bentuk komposisi akan memudahkan seseorang untuk membuat lagu atau berkarya musik. Berbagai bentuk komposisi dari bentuk binair ( A’, AA, AB ), bentuk ternair (A’, BA’, AAB’, AAB, AA’B’), dan bentuk variasi bebas.
3. Menentukan Tangga Nada
Tanggan nada berhubungan erat dengan karakter lagu yang akan dibuat. Tangga nada mayor mempunyai sifat lagu penuh keyakinan, optimis, mantap, menggembira, ceria, bangga dan menyenangkan. Sedangkan tangga nada minor mampu melukiskan karakter pesimisme, penuh keraguan, sedih, sendu, mudah terharu, kecewa, kegagalan, melankolis, dan sebagainya. Bahkan satu lagu menggunakan kedua jenis tangga nada, mayor dan minor.

4. Menentukan Ambitus Suara
Ambitus adalah kemampuan seseorang untuk menjangkau wilayah suara dari yang terendah sampai yang tertinggi. Maka untuk siapakah lagu yang akan dibuat merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Apakah untuk anak – anak, remaja, orang dewasa atau untuk umum. Setiap kelompok masyarakat memiliki kemampuan ambitus yang berbeda.
Tolak ukur ambitus suara sebenarnya bukan perbandingan umur seseoarang, namun lebih dititik beratkan pada kemampuan menjangkau tinggi nada tertentu. Ancar- ancar ambitus ideal dapatlah dipergunakan sebagai pedoman umum sehingga begitu menyulitkan penyanyi dalam membawakan sebuah lagu.

5. Menentukan Irama
Memilih dan menentukan salah satu ukuran birama sangat mempengaruhi lagu yang akan diciptakan. Irama merupakan jantung dan unsur pokok sebuah lagu yang mampu memberi corak tertentu dan warna musiknya. Di samping itu pemilihan birama juga akan mempengaruhi pemakaian tempo yang cocok dengan irama yang dipakai.

6. Menyusun Melodi atau Syair Lagu
Setiap pengarang lagu di dalam menyusun melodi atau membuat syair lagu yang pasti memiliki cara yang berbeda, namun antara melodi dan syair lagu tidak boleh berdiri sendiri – sendiri apalagi bertentangan. Kedua faktor tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh. Melodi sendiri sebenarnya tanpa syair pun sudah merupakan suatu ngkapan pernyataan jiwa yang lengkap.

Komentar
  1. tyo aja mengatakan:

    contoh musik yg termasuk binair apa????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s