MUSIK ASIA

Posted: November 5, 2009 in SENI BUDAYA

SEJARAH MUSIK MUSIK ASIA

Keberadaan musik sudah ada semenjak jaman purba.Pada waktu musik dipergunakan untuk ritual kepercayaan pada waktu itu.Keberadaan musik dan gambar pada  waktu itu yang diketemukan dan  terukirkan pada dinding-dinding  gua ,kayu dan bebatuan besar menunjukkan bahwa keberadaan musik sudah ada pada jaman purbakala.Seperti yang pernah ditulis pada Yngwe Rock 2000 menyatakan bahwa:

1.         Era prasejarah dan jaman purbakala Kuno musik hanya dapat bayangkan oleh ulama, berdasarkan temuan dari berbagai paleolithic situs, seperti tulang rusuk yang telah lubang tindik: ini biasanya diidentifikasi sebagai flutes, [4] berkembang di satu akhir seperti Jepang shakuhachi. Instrumen, seperti tujuh holed flute dan berbagai jenis gesekan alat telah kembali dari peradaban Lembah Indus situs arkeologi. [5]

India memiliki salah satu musik tradisi tertua di dunia-referensi untuk musik klasik India (Marga) dapat ditemukan dalam kitab-kitab kuno dari tradisi Hindu, yang Vedas. Musik tradisional Cina yang mempunyai sejarah yang memanjang sekitar tiga ribu tahun. Musik adalah bagian penting dari budaya dan kehidupan sosial di Yunani Kuno: dicampur-choruses jender dilakukan untuk hiburan, upacara perayaan dan rohani; pemusik dan singers memiliki peran menonjol dalam teater Yunani kuno. Pada abad 9., Arab sarjana Al-Farabi menulis buku tentang musik berjudul Kitab Al-Al-Kabir Musiqi ( “Great Book of Music”). Dia invented diputar dan berbagai alat-alat musik dan dibuat Arab pitch nada sistem organisasi, yang masih digunakan dalam bahasa Arab musik. [6]

2.         Budaya barat Selama Medieval era musik (500-1400), satu-satunya lagu-lagu Eropa yang telah selamat dari sekitar 800 sebelum monofonik adalah berkenaan dgn peribadatan plainsong dari Gereja Katolik Roma, pusat tradisi yang disebut nyanyian Gregorian. Bersama ini tradisi suci dan gereja di sana ada musik yang bersemangat tradisi sekuler lagu.

 Musik dari Renaissance era (1400-1600), sebagian besar hidup musik dari abad 14. Eropa adalah sekuler. Pada tanggal 15 tengah abad, komposer dan singers digunakan untuk kelancaran hal terdiri dr beberapa suara komposisi musik sakral. Pengenalan komersial pencetakan membantu menyebarluaskan musik lebih cepat dan gaya yang lebih besar di seluruh wilayah.
3.         Allegory of Music, oleh Filippino Lippi

Era musik Baroque (1600-1750) mulaiketika pertama opera ditulis dan ketika contrapuntal musik menjadi lazim. Jerman komposer Baroque wrote kecil untuk ensembles termasuk string, kuningan, dan woodwinds, maupun paduan suara, pipe organ, piano kuno dan clavichord. Selama

periode Baroque, beberapa bentuk musik besar yang telah ditetapkan berlangsung dalam periode waktu ketika mereka berkembang dan berkembang lebih lanjut, termasuk fuga, maka invensi, yang sonata, dan konser. [7]

The musik dari periode Klasik (1750 — 1800) yang dicirikan oleh tekstur homophonic, seringkali dengan sebuah lagu dengan iringan menonjol. Baru ini cenderung melodies hampir seperti suara dan singable. Yang sekarang populer instrumen musik lebih didominasi oleh evolusi dari bentuk musik awalnya ditetapkan di masa Baroque: di sonata, dan konser, dengan penambahan formulir yang baru, yang simfoni. Joseph Haydn dan Wolfgang Amadeus Mozart adalah di antaratokoh-tokoh sentral dari periode klasik.

Dalam 1800, di era Romantic (1800-1890) dalam mengembangkan musik, dengan Ludwig van Beethoven dan Franz Schubert sebagai transisi komposer yang diperkenalkan yang lebih dramatis, gaya ekspresif. Selama era ini, genre yang ada, bentuk, dan fungsi musik tersebut dikembangkan, dan emosional dan ekspresif kualitas musik datang untuk lebih diutamakan daripada teknik dan tradisi. Dalam kasus Beethoven, motif (dikembangkan organik) datang untuk mengganti melody sebagai yang paling signifikan compositional unit. Akhir abad ke-19 melihat sebuah ekspansi dramatis dalam ukuran orkestra, dan dalam konser peran sebagai bagian dari masyarakat perkotaan. Nanti Romantic komposer sering dibuat rumit dan banyak lagi karya musik. Mereka chords yang digunakan lebih kompleks dan lebih banyak digunakan untuk membuat disonansi ketegangan dramatis. Abad ke-20 dengan musik, ada banyak peningkatan dalam mendengarkan musik sebagai radio mendapatkan popularitas dan phonographs digunakan untuk mendistribusikan ulang dan musik. Fokus seni musik yang dicirikan oleh eksplorasi baru rhythms, gaya, dan suara. Igor Stravinsky, Arnold Schoenberg, dan John Cage telah berpengaruh komposer di abad ke-20 seni musik.

Jazz berkembang dan menjadi yang signifikan genre musik selama di abad ke-20, dan selama dua setengah abad itu, musik rock yang sama. Jazz adalah sebuah bentuk seni musik Amerika yang berasal di awal abad ke-20 di African American masyarakat di bagian Selatan Amerika Serikat dari pertemuan Afrika dan Eropa musik tradisi. Gaya dari keturunan Afrika Barat sangat nyata dalam penggunaan catatan biru, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi, dan swung catatan. [8] Dari awal pembangunan sampai saat ini, juga tergabung jazz musik dari abad ke-20 dan 19. American musik populer. [9] telah Jazz, dari awal abad ke-20 berdiri, spawned berbagai subgenres, mulai dari New Orleans Dixieland (1910s) untuk tahun 1970-an dan 1980-an-era jazz-rock fusion.

Musik rock adalah genre musik populer yang dikembangkan pada tahun 1960 dari tahun 1950-an rock and roll, Rockabilly, blues, musik dan negara. Suara rock sering revolves sekitar gitar listrik atau gitar akustik, dan menggunakan kembali memukul kuat meletakkan bawah oleh ritme bagian listrik gitar bass, drum, dan keyboard instrumen seperti organ, piano, atau, sejak tahun 1970-an, digital synthesizers. Bersama dengan gitar atau keyboard, saksofon dan blues gaya harmonika mulut digunakan sebagai instrumen soloing. Dalam “purest form”, maka “memiliki tiga chords, yang kuat, berkeras kembali memukul, dan catchy melody.” [10] Pada akhir tahun 1960-an dan awal 1970-an, musik rock branched out dalam berbagai subgenres, mulai dari blues dan rock jazz-rock fusion ke heavy metal dan punk rock, serta lebih klasik dipengaruhi genre rock progresif.

Non-tradisi Barat Klasik Musik klasik India adalah salah satu musik tradisi tertua di dunia. [11] The Indus Valley peradaban memiliki patung-patung yang menampilkan tari [12] tua dan alat-alat musik, seperti tujuh holed seruling. Berbagai jenis dan gesekan alat drum telah sembuh dari Harrappa dan Mohenjo daro oleh excavations dilakukan oleh Sir Mortimer Wheeler. [13] The Rigveda telah hadir unsur musik India, musik dengan notasi untuk menunjukkan pada meter dan modus dari chanting. [14] musik klasik India (Marga) adalah monofonik, dan berbasis sekitar satu baris atau melody raga dilakukan melalui rhythmically talas. Carnatic musik sangat bersifat kebaktian; mayoritas lagu yang ditujukan kepada dewa-dewa Hindu. Ada banyak lagu cinta dan menekankan isu-isu sosial lainnya. Hindustan musik juga dipengaruhi oleh kinerja Persia Afghan dari praktek Mughals.

Asian musik meliputi musik dari budaya Arab, Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Cina musik klasik, seni tradisional musik atau pengadilan di Cina, memiliki sejarah yang memanjang lebih dari sekitar tiga ribu tahun. Ia memiliki keunikan sistem notasi musik, serta musik dan pitch tuning, alat-alat musik dan gaya atau genre musik. Cina adalah musik pentatonic-diatonic, yang memiliki skala duabelas catatan ke oktaf (5 +7 = 12) karena tidak dipengaruhi musik-Eropa. Persia musik adalah musik dari Persia dan bahasa Persia negara: musiqi, ilmu dan seni musik, dan Muzik, suara dan performa musik (Sakata 1983). Lihat juga: Musik dari Iran, Musik dari Afghanistan, Musik dari Tajikistan, Uzbekistan dan Musik).

Musik Yunani utama adalah bagian dari teater Yunani kuno. Dalam Yunani Kuno, dicampur-choruses jender dilakukan untuk hiburan, perayaan dan rohani alasan. Instrumen termasuk ganda-alang-alang aulos dan plucked string instrument, yang lyre, khususnya jenis khusus yang disebut kithara. Musik adalah bagian penting dari pendidikan di Yunani kuno, dan anak laki-laki yang diajarkan musik dimulai pada usia enam. Yunani musik keaksaraan membuat berbunga pembangunan; Yunani teori musik termasuk musik Yunani mode, akhirnya menjadi dasar bagi Barat agama musik klasik dan musik. Belakangan, pengaruh dari Rum, Eropa Timur dan Rum berubah Yunani musik.

By penget Munawar,SPd.Mus.

Komentar
  1. awing mengatakan:

    tambah lagi tulisanya !

  2. awing mengatakan:

    tulisanya tbah lgi biar lengkap….!

  3. awing mengatakan:

    tingkatkan lgi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s